By the way, anyway, busway versi Jogja!!!

Busway? Ya, Jogja sekarang punya busway…
Lumayanlah…buat ngurangi kemacetan.
Lumayan? begitulah komentar beberapa orang yang mungkin sempat merasakan sedikit berkurangnya kepadatan lalu lintas jalan kota di Jogja.
Ya kalo ngga lumayan mau dibilang apa…busnya aja kecil kayak gitu!!!
Mana rutenya juga ngga banyak…
Rutenya apa Haltenya?
Dua duanya!!!

Walaupun busnya kecil, tapi nyaman kan buat pemakai jalan yang lain …nyaman dilihat (karena masih baru?)…ngga buang asap hitam (karena masih baru?)…ngga bikin sempit jalan di Jogja yang memang ngga lebar lebar banget, mungkin kalo busnya besar malah jadi masalah.

Eh ramp haltenya juga curam banget lagi, buat apa coba…kasihan kan kalau itu buat pengguna kursi roda, capek naiknya…apa mending sekalian ngga ada aja ya…biar haltenya bisa lebih panjang.
Kayaknya mendingan ada aja deh…biar bisa ‘memenuhi’ syarat alat transportasi universal dan massal.

Trus jarak antar halte nya juga jauh jauh…aneh deh pokoknya…ngga niat banget!
Ya Jogja kan bukan kota besar banget, jadi gak perlulah yang banget banget.

Balik soal kepadatan lalu lintas, sepertinya sama saja. Ada busway ngga ada busway…tetap aja beberapa tempat macet, beberapa tempat lengang…sama sajakan Jogja kemarin dan sekarang?
Emangnya tujuan diadakannya busway di Jogja buat bikin Jogja kemarin-sekarang beda? bukannya lebih tepat kalau itu buat memperlambat laju pertambahan kepadatan lalu lintas di kota Jogja? biar ngga cepet jadi semacet Jakarta.
Yaa…iya juga sih, cuma tetap saja kalau ngga ada perbedaan…malees…
Trus kalau ngga ada perbedaan antara kemarin dan sekarang, berarti kehadiran busway di Jogja juga ngga nambah masalah toh? fine fine aja kan?
Yaa…iyaa juga…sih.

By the way, anyway, busway…

Busway Jogja namanya Trans-Jogja ya? seperti Trans-Jakarta ya?
Ngga perlu dijawab!
Versi kecilnya ya? secara Jogja kotanya juga ngga sebesar Jakarta…lebih tepatnya ngga seramai dan sesibuk Jakarta.
Mungkin juga, toh tampilan halte dan bisnya juga ngga dibuat canggih canggih banget…ngga modern modern banget (Jakarta juga ngga kan?). Biasa aja, tapi tetap berguna loh…kalau jam jam padat banyak juga yang naik buswaynya Jogja ini, terutama pelajar.
Ngga pake kata lumayan kan?
Mmmm.., pake kata lumayan mungkin malah lebih tepat, daripada ngga.

Mungkin belum semua orang paham cara pakainya bisa juga jadi penyebab masih kosongnya beberapa bus trans-jogja…atau rutenya yang baru ada di jalan jalan utama membuat beberapa orang masih memilih pake bus kota saja daripada harus jalan kaki lagi ke tempat tujuan…soalnya busway cuma boleh berhenti di haltenya!!! (satu penggal jalan saat ini cuma ada satu halte ditiap sisinya, kecuali jalan mangkubumi sama malioboro?)
Mana trotoar di Jogja juga ngga nyaman buat pejalan kaki.
Yang satu ini udah banyak yang bahas.

By the way, anyway, busway…nya Jogja, nyaman!!
Walaupun kecil, tapi tetap nyaman kok, secara penumpangnya juga masih terbatas mungkin ya…plus AC juga.
Iya sekarang, ngga tahu besok!! tapi selama rute dan halte nya masih seperti sekarang, mungkin bakal nyaman terus…soalnya yang pake trans-jogja cuma dikit!

Berarti…biar tetap seperti sekarang aja kali ya buswaynya Jogja?
Tetap dengan bus yang kecil…halte yang kecil…jarak haltenya jauh jauh…ramp haltenya curam banget…aneh…kelihatan ngga niat bagi sebagian orang……biar tetap nyaman bagi sebagian yang lain!!!

Selamat mencoba busway versi Jogja!!! Mumpung masih nyaman!!!…katanya.

[zlf, sebelum meninggalkan jogja…nyoba bus wae]

Iklan

~ oleh matakita pada Februari 21, 2008.

10 Tanggapan to “By the way, anyway, busway versi Jogja!!!”

  1. lah, sudah beroperasi yah, wah jadi pengin nyoba nih… terus bus-bus Aspada (anjing galak!) yang sudah banyak yang butut itu pada dikemanain tuh. Eh biarpun butut banyak kenangannya yak…
    iya deh, selamat buah bus transjogja, semoga tidak cuma buat latah saja yak…

  2. by the way, anyway, busway..
    saya mampir..hehehe ga nyambung yak =D

  3. mungkin untuk persiapan kalau di masa depannya nanti jogja bakalan macet.

  4. kapan2, aku mau coba ah kalau pas ke yogya, sekalian apa ada bedanya dengan transjakarta bus waynya ibu kota, sing jelas ongkos nya pasti beda ya dab?

  5. wah, kemaren saya ke jogja buat kopdar anak bloger jogja. emang sempet ngeliat trans jogja, tapi ga sempat mencoba soalnya keburu pulang dan sama rombongan pula.

    di bandung juga pernah mau ada trans bandung, tapi ga jadi

  6. wah, saya liat tuh beritanya di tv. ijo2 gitu warnanya. hehe.

  7. tarif skali jalan berapa non?
    jadi pengen nyoba nih, udah lama gak sowan ke jogja, kangen….

  8. kemaren sempat liat pas saya lewat Jogja waktu mau pulang ke Malang. Memang jauh lebih kecil daripada busway di Jakarta, tapi warnanya itu lho… ijo royo-royo.. seger aja liatnya. Haltenya juga imut, keliatan lucu kalo ditaruh di pinggir kota πŸ˜€

    Well… itu dari segi performance lho ya.. kalo fungsi, masih belum bisa komentar karena belum nyoba :p

  9. apdet lagi dong, blognya jeng. sibuk bgt ya?

  10. Kunjungan rutin ke blog ini… hehehe πŸ™‚
    Saya Abed Saragih mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha
    Diketik

    ditunggu kunjungan dan komentar baliknya πŸ™‚
    salam persahabatan πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: