Kopi Kopi

Kopi bukan merupakan sesuatu yang lagi asing bagi indera pengecap kita. Rutinitas minum kopi bahkan sudah menjadi bagian gaya hidup masa kini. Kopi memang merupakan minuman populer di dunia selain teh. Namun, seberapa jauh pengetahuan Anda tentang kopi?

kopi kopi

Kopi muncul pertama kali di daratan Afrika. Hingga abad ke-10, orang Ethiopia terbiasa mencampur kopi dengan lemak hewan kemudian mencetaknya dalam bentuk bola-bola kecil untuk dimakan selama melakukan perjalanan jauh. Pada abad ke-13, khasiat yang terkandung di dalam kopi mulai diteliti dan dimanfaatkan oleh sebagian kaum untuk membantu menjalankan ibadahnya tanpa terganggu oleh rasa kantuk. Sejak saat itu, muncul warung-warung kopi sebagai tempat pertemuan yang banyak disukai orang.

Warung kopi yang dibuka di Inggris pada tahun 1637 merupakan yang pertama di benua Eropa. Dalam kurun waktu 30 tahun, warung kopi berubah menjadi tempat interaksi sosial masyarakat dari berbagai kalangan termasuk politikus.

Negara kita merupakan salah satu penyumbang terbesar komoditi kopi di dunia. Jenis kopi yang paling banyak diperdagangkan di dunia adalah kopi Arabika yang diproduksi sebanyak 75% dan sisanya adalah kopi Robusta. Indonesia menyumbang 10% dari total produksi kopi Arabika dan 90% dari total produksi kopi Robusta.

Kopi Arabika merupakan kopi tradisional dan berkualitas tinggi, sedangkan kopi robusta yang cenderung lebih pahit dan asam banyak digunakan karena aromanya. Kopi Jawa, Luwak (andalan Indonesia), Sumatera, Lampung, Bali, Brazil, dan Milan merupakan jenis dari kopi Robusta. Konon cita rasa kopi turut ditentukan oleh tempat tumbuh tanaman kopi tersebut.

Seiring pergantian waktu, kopi pun mengalami perkembangan dari segi racikan, varian rasa, bahkan perkembangan tersebut berimbas pada warung kopi. Jika jaman dulu, kopi disajikan secara sederhana -dengan menu spesial kopi tubruk dalam gelas belimbing- sementara warung kopi pun cukup tradisional dengan bangku kayunya, dalam dekade terakhir telah bermunculan kedai-kedai kopi yang lebih eksklusif dan menawarkan berbagai macam sajian kopi. Kedai-kedai kopi yang sering disebut ‘coffee shop‘ atau ‘kafe’ ini memberikan tampilan kopi lebih menarik, dalam cangkir maupun mug dengan bentuk yang khas. Begitu pula dengan kursi yang nyaman dan ruangan ber-AC serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mampu membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati kopi, seperti TV kabel, hot spots, live music, dan lain-lain.

Mewabahnya kedai kopi impor maupun lokal inilah yang sedang melanda Jogja. Bagi warga Jogja yang menyukai kopi, namun belum terbiasa ‘nongkrong’ di coffee shop, rasanya patut mencoba menyambanginya. Rasa kopi yang ditawarkan cukup banyak, tentunya dengan harga bervariasi pula. Kopi yang disajikan di coffee shop tidak hanya berasal dari biji kopi lokal, namun juga diimpor dari luar negeri.

Peracik kopi di coffee shop pun bukan orang sembarangan. Seorang barista -peracik kopi- di coffee shop tersebut tentunya cukup handal dalam mengkombinasikan bahan-bahan untuk menciptakan menu kopi nikmat. Keahlian barista dalam meracik kopi dari bentuk coffee bean (biji kopi) hingga siap minum, menjadi salah satu modal coffee shop untuk menarik pelanggan. Barista juga harus menguasai teknik menggiling kopi dengan grainder (semacam mesin giling penghalus kopi) dan proses tamping (pemadatan), sebab tidak semua kopi di coffee shop berbahan kopi instan.

Bagi Anda yang ingin menjajal kopi di coffee shop, tak ada salahnya untuk mengenal jenis-jenis sajian minuman kopi terlebih dahulu. Seperti varian pizza atau pasta, Italia juga mengembangkan varian sajian minuman kopi.

± Espresso, merupakan paduan tiga kekuatan kopi, yaitu aroma, kekentalan, dan rasa yang dahsyat. Perpaduan cita rasa kopi ini mengantarkan espresso menjadi salah satu minuman yang digemari oleh penggemar kopi.

± Americano atau American-style coffee, lebih encer daripada espresso dan disajikan dalam gelas besar.

± Doppio atau double shot, kandungan espresso-nya dua kali lebih banyak dibanding yang biasa. Mengandung kopi yang amat pekat dan terbilang berat bagi mereka yang bukan peminum kopi.

± Freddo, disebut juga dengan iced coffee.

± Hag, kopi tanpa kafein.

± Latte, kopi yang dipadukan dengan susu panas, nikmat sebagai menu sarapan.

± Cappucino, espresso dikombinasikan dengan busa susu, dengan taburan coklat atau kayu manis bubuk di atasnya.

± Macchiato, cappuccino dalam ukuran kecil.

± Marocchino, espresso dipadukan dengan sedikit susu panas dan coklat bubuk.

± Granita di caffe con panna, jenis minuman kopi dingin es salju dan whipped cream di atasnya.

Selain menyajikan jenis-jenis minuman kopi racikan ala Italia di atas, coffee shop biasanya juga menyajikan kopi lokal, kopi iced blend, kopi dengan paduan buah alpukat, milk shake dengan rasa kopi, irish coffee (kopi dengan paduan Irish whiskey) serta tak ketinggalan kopi yang dipadukan dengan kalua yaitu alkohol berkadar rendah dan beraroma kopi dengan perbandingan 1:2. Bahkan coffee shop juga menyajikan cake dan muffin dengan rasa kopi.

Fakta Tentang Kopi

± 1-3 cangkir kopi sehari dapat membuat tubuh terasa segar, bergairah, daya pikir lebih cepat, tidak mudah lelah ataupun mengantuk. Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat membantu merubah cadangan lemak menjadi energi. Jadi wajarlah bila kopi dapat dapat menstimulasi susunan saraf pusat (otak) menjadi lebih bersemangat dan meningkatkan gairah kerja dalam mengawali hari baru.

± Namun, manfaat tersebut tidak berlaku bagi orang yang dalam pekerjaannya memerlukan ketelitian, kerapian, dan ketepatan menghitung, seperti matematika, menggambar, atau melukis. Sebaliknya, minuman kopi lebih tepat bagi orang yang belajar ilmu-ilmu sosial atau menghafal.

± Bagi sebagian orang, minum kopi di pagi hari merupakan suatu kebutuhan. Kopi memang sebaiknya dikonsumsi di pagi hari untuk menambah tenaga dan semangat, bukan di malam hari ketika organ-organ tubuh sudah harus beristirahat.

± Tidak semua orang dapat mengkonsumsi kopi, terutama jika orang tersebut menderita maag, atau memiliki penyakit tertentu. Mengkonsumsi kopi sebaiknya juga tidak berlebihan karena dapat menyebabkan insomnia, sakit kepala, maupun jantung berdebar-debar. Minum kopi sebanyak 8-10 cangkir dalam sehari sudah termasuk kategori berlebihan.

± Bagi Anda yang ingin menikmati kopi tanpa kafein, tersedia juga varian kopi dengan kadar kafein rendah atau bahkan tanpa kafein.

Ditulis oleh Sachiko pada tahun 2006, untuk sebuah majalah yang terlalu cepat mati, akhirnya tidak pernah terpublikasi, ketika melihat-lihat file lama, saya berpendapat Kopi Kopi mengandung informasi yang cukup menarik dan mungkin sekali tulisan ini bisa menjadi berguna untuk kita semua, saya putuskan untuk ‘post’ kan saja di tempat ini. Terima Kasih untuk Sachiko atas Kopi nya. (ang)

~ oleh matakita pada Februari 5, 2008.

27 Tanggapan to “Kopi Kopi”

  1. walah, kalo soal kopi, rasa-rasanya belon ada yang ngalahin kopi tubruk (campur arang) di warung angkringan samping stasiun tugu deh….

  2. errr…. saya gak ngopi… sekalinya ngopi di starbuck langsung diare :D

  3. @sandemoning
    sip… kopinya Lik Man kan Om.. Kopi Joss itu kan, kopi Joss karena keluar bunyi jossssssss pas arang membaranya dimasukin ke dalam gelas berisi kopi… hehehe… dijamin mata melek semalaman… hahaha

    @ tante itik
    iya tan, gimana kalo kopi decaf aja, di starbuck ada tuh, cuma rasanya aja kopi, pengaruhnya ga ada sama sekali… (saya memperhatikan yang lain memanggil tante, ikut ikut an panggil tan aja hahaha :D )

  4. asyik juga baca tulisan tentang kopi sambil minum kopi, enak tenan mas!
    dan para pengkopi itu juga sudah membuat warna pada dunia dengan kemunculan komunitas2 “glenak-glenik”-nya. Sembari minum kopi, bisa juga ngomong soal politik sampai Tuhan.

  5. @ Frater
    Wah sepertinya frater ini juga sering minum kopi sambil glenak glenik politik sampai Tuhan :)

  6. Dan maag saya uda masuk kategori siaga kopi. Jadi cuma bisa mengkonsumsi dalam porsi terbatas.

  7. @emyou
    waduh… kalo memang punya maag sih memang sebaiknya menghindar ya mbak emyou :)

  8. saya lebih suka kopi tubruk

  9. @ regsa
    saya suka semua :D

  10. sebenernya, kopi itu simpeeel bgt, cuma dua macem kalo ga salah,
    tapi dalam penyajiannya itu yang membuat kopi bisa jadi berbagai macam variasi, keren yah?

  11. @fey
    arabika dan robusta, dalam prakteknya kedua dua nya di pake bersama, arabika digunakan karena kandungan kafeinya, sedangkan robusta karena harumnya, jadi presentase campuran keduanya dalam sebuah resep kopi akan memberikan sensasi rasa yang berbeda…. seru ya… kopi itu!

  12. naaaah ntu die, arabika dan robusta, he-eh seru bgt!!

  13. kopi emang tiada duanya, apapun jenis dan ragamnya tetep ae enak tenan!

  14. aku ingin menjadi barista! Yeaaah…
    (terinspirasi oleh drama korea the 1shop of prince coffee)
    aku ingin menjadi barista!!! Yeah…hidup kopi Indonesia!

  15. memang enak dan segar klo minum kopi di pagi hari . . . . . . . kata sebagaian orang spy nggak ngantuk ya minum kopi . . . . . resep minuman kopinya kok nggak bisa di download ya . . .

  16. ngomongin kopi …. wah.. gak bisa ninggalin ama minuman yang satu ini… sehari gak ngopi dijamin PUSING. Tapi kalo dah nyruput secangkir aja dijamin langsung ilang… he…heeee. juga bisa ngilangin stress lo.. Hidup Kopi!

  17. Emang gk enak ya!!!

    klo gk Ngopi…..

    rsanYa kYa’org gila!!

    ^_^

  18. ada info tentang kopi joss gak ya?
    penasaran aja sama cerita teman-teman di jogja :D

  19. Saya kalo di Jogja cuma cinta ma kopi NINGRATRI ma BLANDONGAN…
    Rasanya mantap dan harganya terjangkau…
    Lagian orang2 jawatimur banyak ngumpul di sana…serasa pulang kampung…
    (^_^)

  20. Indonesia dengan kekayaan alamnya memiliki banyak sekali varietas “turunan” dari Arabika dan Robusta… apapun varietas-nya… akan lebih nikmat di bikin Kopi Tubruk pake Kayu Manis… cara gue menikmati harumnya Kopi dan aroma kayu manis….

    *teteup masih penasaran ama kopi joss*

  21. kopikopikopikopi……
    slurppp…
    love it…

  22. umh…. kopi itu…..
    mhh…. cma 1 kta….. dy nkmt, dy it bner2 tw yg q mw.. si hitam mans yg mans

  23. Wah … baca artikel ini jadi pengin minum kopi tarik … di Jakarta dimana ya ada warung kopi tarik ???

  24. salam..
    saat ini saya menjual CD cara berkebun kopi yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
    dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
    terima kasih

  25. http://mitrapackaging.indonetwork.net/profile/dunia-mesin-packaging-winapack.htm

  26. mantab… sukses trus bos.. salam kenal

  27. Now, that the Torrent sites are under threat of death it is entirely likely that the cycle will repeat itself and Torrents
    will probably be replaced by something else. While a lot of people aren’t familiar while using URL they’re
    searching for, knowing the title to the movie
    or TV show that you might want to download may bring you to the file immediately.
    is the very first LNG ship construction shipyard, the prosperity of five LNG ships built for your
    Hudong China has accumulated experience within this basis, Shanghai East China actively involved with the first
    six LNG vessels cum Shanghai LNG carrier construction project preparation,
    the present design optimization and production with the technical
    preparations are already completed.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: